Kegunaan Asam Jawa

Asam jawa dapat digunakan untuk obat asma, batuk, demam, sakit
panas, reumatik, sakit perut, alergi/biduran, sariawan, luka baru, luka borok, eksim, bisul, bengkak disengan lipan/lebah, gigitan ular bisa dan rambut rontok.
Untuk menyembuhkan asma dengan cara 2 potong kulit pohon asam jawa, adas pulawaras secukupnya direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian disaring dan diminum 2 kali sehari.
Untuk menyembuhkan batuk kering dengan cara 3 polong buah asam jawa dan 1/2 genggam daun saga direbus dengan 4 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas dan disaring lalu diminum 2 kali sehari.
Untuk menyembuhkan demam dengan cara 1 genggam daun asam jawa dan adas pulawaras secukupnya direbus dengan 1/2 liter air sampai mendidih kemudian disaring lalu diminum 2 kali sehari.
Untuk menyembuhkan sakit panas dengan cara 2 polong buah asam jawa yang telah masak dan garam secukupnya disedu dengan 1 gelas air panas kemudian disaring dan diminum.
Untuk menyembuhkan reumatik dengan cara 1 genggam daun asam jawa dan 2-3 biji asam jawa ditumbuk halus lalu dipakai untuk kompres.
Untuk menyembuhkan sakit perut dengan cara 3 buah asam jawa yang sudah masak, kapur sirih dan minyak kayu putih secukupnya dicampur sampai merata lalu digosokkan ke bagian perut.
Untuk menyembuhkan sariawan dengan cara 2 polong  buah asam jawa, 2 rimpang temulawak sebesar ibu jari dan 1 potong gula kelapa direbus hingga mendidih hingga tinggal 1 gelas kemudian disaring lalu diminum
Untuk menyembuhkan luka baru dengan cara daun asam jawa dikunyah sampai lumat lalu ditempelkan ke luka.
Untuk menyembuhkan luka borok dengan cara beberapa biji asam jawa ditumbuk halus lalu ditempelkan pada luka kemudian diperban.
Untuk menyembuhkan bisul dengan cara 1 genggam daun asam jawa yang masih muda dan 2 rimpang kunyit sebesar ibu jari ditumbuk sampai halus lalu ditempelkan ke bagian yang sakit.
Untuk menyembuhkan bengkak disengan lipan/lebah dengan cara 3-5 biji asam jawa ditumbuk hingga halus, bersihkan bagian yang bengkak dengan kain yang dibasahi minyak kayu putih lalu tempel dengan bubuk biji asam jawa.
Kegunaan Asam Jawa Kegunaan Asam Jawa Reviewed by Yayan Dharma on 19.11 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.