Kerajaan Tumbuhan Gymnospermae

 
Gymnospermae berasal dari kata gymnos yang berarti “telanjang” atau
“terbuka” dan sperma yang berarti “biji”. Tumbuhan Gymnospermae termasuk golongan tumbuhan yang menghasilkan biji dalam keadaan tidak tertutup oleh daging buah (karpel) sehingga tampak dari luar sejak masih berupa bakal biji hingga menjadi biji. Berikut ini adalah beberapa kelas kelompok Gymnospermae :
1.      Kelas Cycadinae
Kelas Cycadinae menyerupai palem, berkayu, sedikit atau tidak bercabang, daunnya berbagi menyirip atau menyirip, dan daun yang masih muda bergulung seperti daun tumbuhan paku. Contoh tumbuhannya adalah Cycas rumphii (pakis haji).
2.      Kelas Coniferae/Coniferinae
Kelas Coniferae/Coniferinae memiliki habitus semak, perdu atau pohon dengan tajuk menyerupai kerucut. Daunnya berbentuk jarum. Pada umumnya berumah dua (dioseus) tetapi banyak pula yang berumah satu (monoseus). Contoh spesiesnya adalah Pinus merkusii (pinus).
3.      Kelas Gnetinae 
    Tumbuhan-tumbuhan berkelas Gnetinae merupakan tumbuhan berkayu yang batangnya bercabang-cabang atau tidak. Bunganya berkelamin tunggal, tersusun majemuk, terdapat dalam ketiak daun pelindung yang besar, dan mempunyai tenda bunga. Contoh spesiesnya adalah Gnetum gnemon (melinjo).
Kerajaan Tumbuhan Gymnospermae Kerajaan Tumbuhan Gymnospermae Reviewed by Yayan Dharma on 19.42 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.